Featured Post

Tentang Pelayanan: Tak Cukup Menjadi Marta, Jadilah Maria di Dekat Kaki Tuhan

Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.   (Lukas 10:42) Menjadi Pelayan di Usia Muda Saya di...

1.17.2011

Zauberflote-Der Hoelle Rache kocht in meinem Herzen

Pada eranya, Wolfgang Amadeus Mozart terkenal dengan serangkaian karya-karyanya.
Berikut ini salah satu lagu yang sering saya dengarkan bahkan ketika saya belum menginjak smp. Walapun pada masa itu saya sama sekali tidak mengerti musik, pada masa itu, saya belum kenal siapa Mozart, tetapi saya sudah jatuh cinta dengan suara apik dari sebuah karya Mozart.

Zauberflote adalah sebuah karya Mozart berupa cerita, yang di dalamnya terdiri dari beberapa lagu. Salah satu lagu yang saya jenal yaitu, "Der Hoelle Rache kocht in meinem Herzen"

Ada dua hal yang lucu dari opini saya sendiri yang membuat saya tidak habis-habisnya kagum dengan hal ini. Ketika saya kecil, bacaan dan software komputer suguhan saya, disamping mario bross, adalah ensiklopedia. Dan zaman itu saya hanya sembarangan mencari barang-barang bagus di dalamnya tanpa peduli apa dan siapa. Namun setelah saya dewasa, banyak hal-hal yang saya pelajari adalah hal-hal yang saya temukan ketika masih kecil :)

Berikut ini salah satu versi "Der Hoelle Rache kocht in meinem Herzen" yang dinyanyikan oleh salah satu soprano. Dan jangan lupa menonton versi kartun dari Zauberflote yang berdurasi kurang dari setengah jam. :)
Salam manis ^^


Dan ini liriknya, guess what, saya major di department german, dan hal ini lagi-lagi mengagetkan saya bahwa dengan bahasa saya sekarang, saya bisa mengerti apa yang saya temukan ketika kecil. :)

Der Hölle Rache kocht in meinem Herzen,
Tod und Verzweiflung flammet um mich her!
fühlt nicht durch dich Sarastro Todesschmerzen,
so bist du meine Tochter nimmermehr.

Verstoßen sei auf ewig,
verlassen sei auf ewig,
zertrümmert sei'n auf ewig
alle Bande der Natur
wenn nicht durch dich Sarastro wird erblassen!
Hört, Rachegötter, hört der Mutter Schwur!

Hell's vengeance boils in my heart;
Death and despair blaze around me!
If Sarastro does not feel the pain of death because of you,
Then you will be my daughter nevermore.

Disowned be forever,
Forsaken be forever,
Shattered be forever
All the bonds of nature
If Sarastro does not turn pale [in death] because of you!
Hear, gods of vengeance, hear the mother's oath!

No comments:

Search